Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta
Selamat HUT Kota Yogyakarta ke-263
 Admin Web Dinas Perindustrian dan Perdagangan,    17 September 2019 PASTY Movement Point, Ruang Publik Baru Anak Muda Jogja
PASTY Movement Point, Ruang Publik Baru Anak Muda Jogja

Pasar Satwa dan Tanaman Hias Kota Yogya (PASTY) di kawasan Kota Yogya bagian Selatan resmi membuka PASTY Movement Point (PMP). PMP diharapkan berdampak pada meningkatnya aktivitas jual beli di pasar, sehingga menumbuhkan aktivitas ekonomi masyarakat di wilayah Kota Yogyakarta sisi selatan.

"Ide membangun PASTY agar menjadi ruang yang banyak di datangi orang ini sudah dua tahun lalu. Ide tersebut agar tumbuh hal baru untuk menggerakkan aktivitas masyarakat," kata Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi di sela peresmian awal PASTY Movement Point, Jumat (30/08/19) malam.

Menurutnya, pasar satwa dan tanaman hias ini, memiliki potensi untuk dikembangkan lebih luas. Selain itu PASTY memiliki karakteristik tersendiri dibanding pasar tradisional. "Orang datang ke pasar ini tidak lagi identik dengan membeli segala sesuatu yang terkait satwa dan tanaman hias, melainkan juga menumbuhkan semangat baru, harapan kami seperti itu," ucapnya.

Dibukanya PASTY Movement Point juga tak lepas menyasar anak muda. Terlebih bagi mereka yang memiliki komunitas. Heroe menyebut, potensi anak muda dalam menggerakan ekonomi sangat dibutuhkan di era digital. "Tantangan sekarang ialah membuat daya tarik agar menjadi tempat berkumpulnya semua komunitas, serta menjadi salah satu tujuan pasar yang unik dan berciri khas," ungkapnya.

PASTY Movement Point menyatu dengan para penjual tanaman hias dan ikan hias. Selama gelaran tersebut berlangsung, PASTY akan buka hingga pukul 22.00 WIB. Heroe berharap, panggung tersebut mampu berdampak pada aktivitas jual beli di pasar tersebut. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Yogyakarta, Yunianto Dwisutono, mengatakan, lahan sekitar satu hektare tersebut terdapat berbagai ruang yang bisa dimanfaatkan bersama. Di antaranya seperti panggung, shelter dan tribun, stan kuliner, ruang usaha, co-working space serta tempat pertemuan. "Ini baru soft launching. Rencananya pada Januari 2020 akan ada grand launching. Tapi, setiap bulan sejak dari sekarang akan kami gelar beragam kegiatan yang mampu menarik minat anak-anak muda atau kaum milenial," tuturnya. Hingga saat ini tercatat ada 32 komunitas anak muda yang siap bergabung meramaikan PASTY Movement Point. Mulai dari komunitas musik berbagai genre, pecinta otomotif, pecinta alam hingga gamers.

Semua komunitas anak muda lanjutnya, dapat memanfaatkan PASTY Movement Point untuk berbagai kegiatan positif. Bahkan, antar komunitas dapat saling berdialog dan sharing karya masing-masing untuk menumbuhkan karya yang baru. "Kami juga sedang mendorong para pedagang di sini bisa buka sampai malam hari. Tapi kalau untuk satwa memang perlu penanganan khusus sehingga sulit jika harus buka sampai malam," pungkasnya.

Sumber: krjogja.com

Berita
(41 nilai)
Pencarian
Agenda Akan Datang

Maaf, belum ada agenda untuk bulan ini

Agenda Rapat

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Statistik Pengunjung
Hari Ini 59 Kemarin 140 Bulan Ini 871 Tahun Ini 8064 Total Pengunjung 8075
Lokasi Kantor
Video Youtube
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait